Apa itu Backlink dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Industri SEO berubah dengan sangat cepat sehingga setiap tahun pemasar mengembangkan strategi mereka dan mengalihkan fokus mereka. Mendapatkan backlink - baik di seluruh situs otoritatif atau di direktori web - tetap menjadi strategi penting dalam SEO. Jika Anda terlibat dalam pengoptimalan mesin telusur dengan cara apa pun, Anda tahu bahwa tautan balik sangat penting untuk kinerja situs web.

Apa Itu Backlink dan Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink?

Backlink terjadi ketika satu situs web menyebutkan situs web lain dan menautkan kembali ke sana. Juga disebut sebagai tautan masuk atau masuk, tautan balik membuat koneksi mereka melalui situs web eksternal. Link ini dari luar domain mengarah ke halaman di domain Anda sendiri.

Setiap kali backlink terjadi (terutama backlink berkualitas), itu seperti menerima suara untuk halaman web. Semakin banyak suara yang Anda peroleh dari situs dengan otoritas, semakin positif efeknya pada peringkat situs dan visibilitas penelusuran.

Pemilik situs perlu memastikan bahwa mereka mengikuti Pedoman Webmaster Google tentang tautan untuk memastikan mereka menarik tautan berkualitas tinggi yang bukan bagian dari skema tautan.

Mengapa Backlink Sangat Penting?

Tautan balik penting untuk mesin pencari dan pengguna akhir. Untuk mesin pencari, ini membantu mereka menentukan seberapa otoritatif dan relevan situs Anda pada topik yang Anda rangking. Selain itu, tautan balik ke situs web Anda adalah sinyal ke mesin pencari bahwa situs web eksternal lain mendukung konten Anda.

Jika banyak situs menautkan ke halaman web atau situs web yang sama, mesin pencari dapat menafsirkan bahwa konten layak untuk ditautkan, dan karena itu juga bernilai lebih tinggi pada SERP (halaman hasil mesin pencari). Selama bertahun-tahun, jumlah backlink adalah indikator popularitas halaman.

Namun hari ini, algoritme (seperti pembaruan Penguin Google) dibuat untuk membantu faktor peringkat lainnya; peringkat halaman lebih tinggi dalam pencarian Google lebih didasarkan pada kualitas link yang mereka peroleh dari situs eksternal dan lebih sedikit pada kuantitas link tersebut.

Selain itu, telah dikutip bahwa Google menggunakan lebih dari 200 faktor peringkat yang berbeda untuk mengevaluasi di mana halaman web dapat muncul dalam hasil pencarian.

Selain itu, tautan balik penting bagi pengguna akhir karena tautan balik menghubungkan pencari dengan informasi yang mirip dengan apa yang sedang ditulis pada topik yang sama di sumber daya lain.

Contoh dari hal ini terjadi saat pengguna akhir membaca halaman yang membahas "bagaimana biaya perawatan anak mendorong wanita keluar dari angkatan kerja". Saat mereka menggulir ke bawah, mereka mungkin melihat tautan situs web dengan studi tentang “bagaimana kenaikan biaya perawatan anak selama 25 tahun terakhir memengaruhi pekerjaan perempuan”.

Dalam kasus ini, tautan balik membuat titik koneksi untuk informasi yang mungkin tertarik untuk diklik oleh pencari.

Tautan muncul sebagai hyperlink dengan teks deskriptif yang dikenal sebagai teks tautan. Ini muncul secara berbeda dari teks di sekitarnya, menunjukkan bahwa ada lebih banyak informasi di luar apa yang muncul di halaman jika penelusur memilih untuk mengikuti tautan situs web. Tautan eksternal ini menciptakan pengalaman yang solid karena mentransfer pengguna secara langsung ke informasi tambahan yang diinginkan jika diperlukan.

Bagaimana Anda Membangun Tautan Balik?

Sekarang Anda tahu bahwa tautan balik itu penting, bagaimana Anda mendapatkan tautan lain ke situs Anda? Apa strategi terbaik untuk mendapatkan tautan situs web yang mengarah ke dan dari situs Anda?

Pembuatan tautan sangat penting untuk keberhasilan kampanye SEO apa pun dalam hal peringkat secara organik. Hanya memiliki ribuan tautan balik atau hanya memiliki tautan dari satu situs web tidak akan memengaruhi posisi peringkat Anda.

Meskipun berhasil di masa lalu, strategi tersebut sudah ketinggalan zaman. Panduan tautan balik hari ini berkisar pada konten Anda dan otoritas keseluruhan pada suatu topik, yang dapat dicapai dengan:

  • Tamu blogger yang membuat konten di situs Anda
  • Penelitian asli dengan wawasan
  • Membangun hubungan dengan influencer
  • Tulis posting blog berkualitas untuk situs lain di industri Anda

Ada banyak cara untuk mengelola dan memahami profil backlink Anda. Majestic, Buzzstream, dan Moz menawarkan alat untuk membantu Anda mengelola URL dan mengoptimalkan profil tautan Anda. seoClarity menawarkan integrasi dengan Majestic, basis data indeks tautan terbesar, yang mengintegrasikan manajemen profil tautan ke dalam keseluruhan strategi SEO dan pemasaran digital Anda.

Kesimpulan

Mendapatkan tautan unik dan otoritatif sangat penting untuk peringkat yang lebih tinggi di SERP dan meningkatkan SEO Anda. Algoritme Google pada evaluasi tautan berkembang dalam beberapa tahun terakhir yang berfokus pada tautan berkualitas, bukan kuantitas.

Ini menciptakan proses yang lebih menantang untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi dalam strategi SEO Anda. Tautan eksternal masih penting dan tidak usang, jadi mulailah mengerjakan strategi pembuatan tautan untuk meningkatkan visibilitas penelusuran Anda.

Berikut Contoh Backlink

Karena blog ini masih baru, karenanya saya membutuhkan backlink untuk mengangkatnya ke permukaan. Cara yang saya tempuh adalah membangun backlink seperti daftar di bawah ini:

Donation Information | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | Donation Information | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | BLRedirectGoogle | Apa Itu Backlink | Cara Mencari Backlink Berkualitas | Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas | Cara Mendapatkan Backlink Ke Website Anda | Cara Mendapatkan Backlink 2021

LihatTutupKomentar
Cancel